May 2, 2010

A journey from Bogor to Bandung

Mentang-mentang abis mudik langsung cerita aja.. Saya ga bakal bahas pengalaman selama perjalanan dari Bogor ke Bandung.

Sekedar berbagi info bahwa baba ba banyak (gagap) jalan menuju Bogor atau Bandung. Saya telah menemukan formula berpergian from the cheapest one till the expensive.

1. Pakai Travel,
Awal ikut tes masuk kuliah di Bandung, travel jadi pilihan yang tepat. Tinggal dijemput didepan gang terus diantar sampai tujuan. Dijamin aman (kata saya :). Trayek Bogor-Bandung sendiri ga banyak, yang saya tahu ada Cipaganti, Dewa travel, Putri travel, Rini travel, MPX yang lainya saya ga tau. Modelnya door to door, untuk harganya 60.000 kalau lewat puncak, tambah 20.000 kalau lewat cipularang (rata-rata pas weekend). Biasanya APV, L300, ada juga Vios, yang jelas bukan Angkot ijo yang kaya di Bogor...
Saya pakai travel cuma pas semester 1, kesanaya saya lebih sering berpetualang pakai angkutan lain hehehe. (bilang aja lo bokek! atau sayang ma duit)

2. Pakai bis
Ini mah biasa. Rutenya terminal Baranang Siang Bogor- terminal Leuwi Panjang Bandung. Harganya 40.000, bis AC tapi sebagian dilengkapi sama smoking room juga toilet. Rada sensitif kalau saya ngomongin bis, kenapa?
Walaupun harganya sama aja, tetapi buat kualitas beda jauh. Boleh saya sebut "merk". MGI, Laju Utama, Hiba Utama, dan (ga tega deh) Gagak Rimang. sengaja saya bikin kecil. Buat yang biasa PP Bandung-Bogor pasti tau jawabannya.

3. Pakai Kereta
Kalau punya waktu banyak, rail is the right choice. Pakai kereta Pakuan dari Bogor ke Gambir harganya 11.000, dilanjut kerta Parahyangan atau Argo Gede, (fyi : udah pada tau kan, nasip kereta parahyangan yang ditiadakan selamanya sejak 27 April 2010) Jangan bayangin argo gede/ parahyangan serupa dengan KRL Jabodetabek. No.
Karena Parhyangan udah ga ada, saya skip aja perjalanan saya bersama Parahyangan.
Argo Gede, karena kehabisan tiket parahyangan awal masuk semester 4 saya sama Andrian coba pakai Argo Gede, nyaman, kursinya enak, senderan kaki luas, ada bacaan, pramugarinya juga cakep (norak mode on).
Ga rugi juga keluar 60.000. Kebetulan ketemu temen SMK jadi saya bisa ol lewat laptop temen saya tanpa khawatir lowbat (samping kursi ada colokannya). Karena baru pertama kali, pas ditawarin makan sore (nasi goreng + ayam) saya terima, dikira gratis. Abis embaknya ga bilang, langsung asal sodorin ke pangkuan cie... (pangkuan) trus buka lipatan meja. 20 menit sebelum sampai di Stasiun Bandung ditagih bayaran 15.000 hughhh.
Saya sih udah bebel naek kereta, apalagi kereta ekonomi =LULUS CUMLAUDE, jaman Job Training. KRL Jabotabek jadi teman seminggu dua kali, ngejar kereta jam 5 pagi jurusan tanah abang, udah ah.. Waktu Backpack ke Yogja, Surabaya, Banyuwangi, pakai kereta ekonomi juga. (Dasar gembel)
(Stasiun Kiara Condong Bandung)
( Stasiun Lempuyangan Yogyakarta)
(Menanti kereta jam 02.00 pagi di Stasiun Poncol Semarang)
(Stasiun yang kurang bersahabat)
(Stasiun penuh kenangan)
dapet tiket tapi ga kepake, kereta penuh sama Bonek
Stasiun yang asyik, bisa tidur nyenyak, kursi tunggunya panjang, toiletnya lengkap ( kesampean mandi di stasiun hehe), disamping ada kantin khas Surabaya, dan deket sama pusat Kota.

4. Via sukabumi
Memang agak lama tapi ya lumayan bisa cuci mata, saya coba berdasarkan rekomendasi dari adik kelas yang asli Sukabumi dari Leuwi Panjang pakai bis jurusan Sukabumi AC just 21.000, bisa juga non AC disambung pakai komlini (kendaraan L300) yang biasa nongkrong di Pajajaran.
Nelen ludah pas naek L300 macam ini, penumpangnya dipadetin udah mirip pepes mak. Katanya kalau pengen tes adrenalin silahkan duduk samping supir. Menurut saya lumayan ekstrem tapi masih standar. Nanti kalo mw naek Kolmoni cari yang sopirnya masih mudda akhhh.

5. Bis Ekonomi jurusan Merak
Pilihan terakhir kalau duit pas-pasan. Wajarlah ekonomi (Ngetemnya lama, duduknya sempit, pasti ada acara mogok, kernetnya toa pisan, angin sepoi-sepoi, suara mesin bikin kuping pengang, pastinya RICUH). Jurusan Bogor- Bandung ada, tapi langka. Hampir rata-rata bis ekonomi pakai jalur puncak, saya berhenti di perempatan Ciawi sebelum bis masuk tol Jagorawi. Cukup 25.000, saya usahain kalau naik bis macam ini saat sore atau malam.

Finally this is my short story Journey from Bogor to Bandung or return. Coba Bogor ada bandara, insya Allah saya coba dehhh ;)
Tinggal dipilih mana yang sesuai menurut kita masing-masing, yang penting setiap perjalanan harus dinikmatin.

No comments:

Post a Comment