May 9, 2010

good days, good friends, good foods, good job, good money! hahaha,,happy ending!

(The title I was borrowing from Gisa status, my senior at campus)

Let me explain 1 by 1.
Good days : ya,ya, yang rencananya 10 hari pelaksanaan, ternyata cukup 4 hari. Cukup 4 hari dari rabu s.d. sabtu. Mulai jam 09.00 selesai jam 23.30
Good friends : walaupun beda kelas dan angkatan tapi pada seru.
Good job :
Passengger exit survey
Good money : No coment !
Happy ending
: Happy ending.

Cukup dengan 5 kata kunci diatas, itulah pengalaman yang saya dapatkan dari PES (Passengger Exit Survey). Survey wisatawan asing di terminal keberangkatan 2D-2E bandara Soekarno Hatta.
Lagi-lagi faktor keberuntungan, entah kenapa saya bisa dapat job lagi. Makasih buat dosen yang sudah memilih kami.. "Salah satu tugas departemen kebudayaan dan pariwisata untuk mendata turis asing yang berseliweran di Indonesia"

Tugas sebagai pensurvei adalah menayakan:
-Sex (ga perlu ditanya, udah jelas koq)
-Age (Banyak orang luar yang ga mau kasih tau umur, ga sopan katanya)
-Nationality
-Country of Residence
-Main Occupation
-Main Purpose to visit Indonesia
-Port of entry into Indonesia
-How many times ever visited Indonesia
-How long stayed in Indonesia
-With whom travel here
-Where place to stayed
-Spending Money
-Activities
-Media source(s) prior to visit indonesia
-Bought some souvenirs?
-Quality service or facilities
The last
:: Comments to improve indonessia tourism ::

Pekerjaan yang asyik, bisa ketemu plus ngobrol sama foreign visitor. Melelahkan, jam 09 sampai jam 23.30 baru sampai di penginapan dan saya merindukan foot massage saat ini. Bisa dibilang approximately sehari kami bisa jalan kaki 10 km, walaupun hanya di airport.

Jam 9 pagi kita sudah dijemput dari hotel menuju airport, langsung ke posko dan tancap gas (baca doa' dulu supaya banyak dapat wisatawan). Hunting-hunting bule, chinese, sama onta.
Jam panennya passengger (11.00-14.00/ 16.00-19.00/20.00-22.00)

Kalo pas nanyain bule itu tuh gampang tapi banyak bule yang gak mau. Mungkin karena mau boarding atau memang malas (aa juga bule males). Setelah bule-bule diintrogasi lalu kita kasih souvenir. Butuh waktu 2-10 menit untuk handle 1 foreigner, dan sehari rata-rata saya dapet 27. Rekor dipegang sama temen sekelas saya sehari dy bisa dapet 40 dan dinobatkan sebagai jutawan paling kaya setelah selesai pekerjaan.

Selama 4 hari Makan terjamin alhamdulilah :), penginapan terjamin, serba OK hehehe. Siapin fisik! waktu istirahat kita paling jam 1 s.d. jam 7 pagi, walaupun saat pekerjaan kita bisa ambil waktu untuk relaksasi otot, tidur 15 menit.. sigh tapi harus tetep fresh.

Saya suka kerjaan ini, walaupun saya lambat tapi seru. yang bikin males adalah saat koreksi. 20 kuisioner bisa 2 jam koreksinya, jangan sampai kuisioner yang sudah kita isi susah payah jadi gak valid!

Sabtu hari terakhir dan syukur semuanya lancar.. Aminnnn
Karena langsung jadi jutawan pulangnya banyak perencanaan mau dolan-dolan. Akhirnya setelah makan siang di seafood restoran sekalian farewell party sama dinas budpar, kita memutuskan pergi ke Ancol (Bocah banget ya)
Saya naik gondola seharga 40.000 ga nyesel koq,
Pengalaman seru lainnya ntar jadi cerita selanjutnya.